twitter


Mungkin sobat – sobat pernah menemukan kasus layar monitor tidak merespon saat CPU di hidupkan. pada layar monitor hanya muncul gambar hitam/blank, padahal CPU yang sobat nyalakan hidup dengan sempurna. Kasus seperti ini sering kali saya temukan dengan profesi saya sebagai teknisi. Disini saya tekankan, saya bukan ingin menyombongkan diri tp hanya sekedar bahan pengetahuan saja kepada sobat – sobat sekalian.

Kembali ke permasalah tersebut. Mungkin ada beberapa masalah pada perangkat keras ( hardware ) sobat – sobat. Cobalah untuk mengikuti beberapa tips dari saya yang akan saya tulis di bawah, lakukan dengan cara bertahap. Tapi dengan syarat sobat – sobat harus mengetahui hardware dan nama hardware nya. Bagi kita yang awan mungkin akan merasa kesulitan, lebih baik menanyakan kepada yang lebih bisa atau lebih mudahnya membawa komputer sobat ke toko servis jika sobat tidak yakin tapi dengan konsekuensi sobat harus ngeluarin uang dari kantong sobat – sobat.

Menurut yang saya ketahui ada beberapa masalah dari kejadian tersebut.

Ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk mengetahui masalah dan untuk solusinya sobat coba juga tips dari saya.

Masalah :

Ada masalah pada kabel monitor yang terhubung dari CPU ke monitor.

Solusi :

  • Cek dan pastikan colokan kabel monitor yang terhubung ke slot VGA telah terpasang dengan tepat. Kencangkan baut pengunci yang ada di kedua sisi.

Ada masalah pada kartu grafis (VGA) yang digunakan. (jika CPU anda menggunakan kartu grafis)

Solusi :

  • Cek dan pastikan kartu grafis PC telah terpasang dengan sempurna

  • Cek dan pastikan colokan kabel monitor yang terhubung ke kartu grafis juga telah terpasan dengan tepat. Kencangkan baut yang ada di kedua sisi
  • Jika belum menyelesaikan masalah, coba lepas kartu grafis lalu bersih kan lempengan kartu grafis dengan menggunakan kuas, bersihkan juga slot kartu grafis di motherboard kemudian pasang kembali.
  • Jika cara – cara tersebut belum bisa, coba cek dengan memasang kartu grafis lain ke motherboard sobat atau sebaliknya pasanglah kartu grafis sobat ke motherboard lain.
  • Jika ternyata kartu grafis tidak bermasalah berarti ada masalah pada hardware yang lain, tapi jika masalahnya terdapat pada kartu grafis ganti kartu grafis dengan yang baru.

Ada masalah pada kartu memori PC yang digunakan.

Solusi :

  • Cek da pastikan kartu memori terpasang dengan sempurna, termasuk cek pengait yang ada di kedua ujung slot.
  • Coba lepas kartu memori, lalu bersihkan lempengan tersebut dengan kuas. Bersihkan juga slot kartu memori yang ada di motherboard. Kemudian pasang kembali. Jika slot memori PC anda menggunakan dual channel , coba lah pasang kartu memori di slot yang satunya.
  • Tapi pada dasarnya jika kerusakan terjadi pada kartu memori, BIOS Beep Codes akan mendetek. Di tanda dengan bunyi Beep berulang kali tanpa henti saat PC baru dihidupkan
  • Jika tanda – tanda beep tidak berbunyi berarti kerusakan terletak pada hardware yang lain.

Ada masalah pada daya suplai listrik ( Power Supply ).

Solusi :

  • Cek jika ada kabel – kabel listrik di dalam casing CPU yang kurang kencang
  • Kerusakan pada Power supply ditandai dengan tidak ada beep pada BIOS Beep Codes
  • Jika memungkinkan, cobalah dengan memasang power supply baru/power supply yang ada di CPU yang lain ke CPU yang bermasalah. Jika cara – cara tersebut belum bisa, berarti kerusakan pada hardware yang lain, tapi jika kerusakan terdapat pada power supply disarankan ganti dengan power supply yang baru

Ada masalah pada Prosesor.

Solusi :

  • kerusakan pada prosesor ditandai dengan tidak ada bunyi beep pada BIOS Beep Codes.
  • Cobalah ganti prosesor CPU anda dengan prosesor CPU yang lain, jika masih bermasalah berarti kerusakan pada hardware lain. Tapi jika prosesor sobat yang bermasalah cobalah ganti dengan yang baru.
  • Perlu diingat dalam mengganti sendiri prosesor, perhatikan kaki – kaki prosesor. untuk socket intel 478 perhatikan kaki – kaki pada prosesor jangan sampai bengkok atau patah, untuk socket intel 775 perhatikan kaki – kaki pada motherboard jangan sampai rusak. Dalam pemasangan prosesor perlu diperhatikan juga tanda segitiga yang ada pada prosesor dan yang ada pada motherboard (kedua segitiga harus bertemu jangan sampai terbalik).

Ada masalah pada CMOS

Solusi :

  • Cek dan pastikan CMOS terpasang dengan benar.
  • Coba lepas CMOS lalu bersihkan lempengan yang ada di slot CMOS dan pasang kembali.
  • Jika cara – cara tersebut belum bisa coba ganti dengan CMOS yang ada di motherboard lain. jika masalahnya pada CMOS, gantilah dengan yang baru.

, , , Semoga tips ini berguna untuk sobat –sobat , , ,

19 komentar:

  1. Keren man.. ada kemajuan. Sukses dah pokoknya. Kapan2 kita sharing ya...

  1. mantap bro...thanks berat xixixixi

  1. makasih tipsnya boss..

  1. makasih bang tips nya ^_^

  1. Udah saya coba mas tapi masalah tetep, malahan pas saya copot kabel CPU yang ke listrik,pas di colokin lagi CPU langsung nyala (lampu juga idup, kadang cuma yang kuning aja, kadang ada yang merah tapi gk berkedip) padahal tombol CPU nya belum di pencet, kenapa ya? mohon bantuannya,, makasih banyak...

  1. logika sederhana,,,di cek satu2 semua hardware hingga ketahuan mana sumber masalah,, ;)

  1. klo ane ada suara beeepp(panjang) dan berulang-ulang

  1. layar monitor saya blank/hitam,saya coba membersihkan kartu memori dan saya pasang kembali di chanel yang satunya BERHASIL,,Tipsnya OK banget bang...Terimakasih slam sukses slalu

  1. thanks

  1. misi gan mau nanya kalo program na yg gax merespon ea kayak mozila ato opera solusi na gmn ea ?

  1. semuanya udah aq lakuin tp koq masih ttp blank yah? sdh ganti power suplay ama vga tp ttp aja blank..solusinya gmna? apa harus ganti laptop aja apa...:D

  1. Gw suka nih gan blog lu.. Nanti gw coba praktekin

  1. clo saya di warnet tp ketika dipasang gak mau nyambung uga, gmn ne mas?

  1. kompi saya sewaktu saya hidupkan bisa normal semua...tapi setelah saya shutdown kompi tidak bisa hidup..setelah saya lepas pasang mulai dari vga card,ram,batbios,psu,proce....masih tetap..setelah saya tembak ic chipsetnya dengan blower bisa lagi hidup..tapi setelah hidup saya shutdown lagi kok masih tetap balik kesemula ga bisa lagi...masa saya haruscopot pasang lagi dan tembak lagi....mohon solusi.

  1. kalo komputer saya itu, layar blank setelah komputer hidup beberapa menit, setelah digunakan beberapa menit barulah blank. kira2 apa ya yg jadi masalah?

  1. Lucky Computer Solution

    Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

    Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

    Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

    Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

    1. Komputer mati total
    2. Komputer sering Hang
    3. Komputer lambat
    4. Terkena virus
    5. Install program
    6. Install ulang Operasi sistem Windows
    7. Pemasangan jaringan
    8. dll
    Bagaimana dengan biayanya ?

    Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
    1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
    2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
    3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
    Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
    Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

  1. Sama kaya punyaku, gmn spa sdh baik skrg lompternya? Sy jg bingung nih

  1. Mohon bantuannya mas, saya ada dua monitor sama" merk LG, sy pakai windows 7, ketika sy coba pasang monitor satunya ko setelah start up monitor jd blank ya... dan seperti itu terus setelah di reatart, tp sy coba kembali pake monitor yg pertama ok ok aja, kemungkinan kerusakan monitor yg blank seperti itu kenapa y mas?

    Terimakasih...

  1. Mohon bantuannya mas, saya ada dua monitor sama" merk LG, sy pakai windows 7, ketika sy coba pasang monitor satunya ko setelah start up monitor jd blank ya... dan seperti itu terus setelah di reatart, tp sy coba kembali pake monitor yg pertama ok ok aja, kemungkinan kerusakan monitor yg blank seperti itu kenapa y mas?

    Terimakasih...

Posting Komentar